Pentingnya Stok Opname Untuk Perusahaan Manufacturing

Bila Anda mempunyai atau bekerja di perusahaan yang beroperasi di sektor manufacturing, pasti kenal dengan istilah stok opname. Stok Opname tidak cuman diaplikasikan untuk perusahaan manufacturing dan dagang saja, tiap perusahaan di bagian lain dapat mengaplikasikan stok opname. Cuman perusahaan lain kecuali manufacturing mempunyai mekanisme dan proses yang lain dalam mengaplikasikan stok opname bergantung keperluan dan tipe upayanya. Stok opname sendiri sebagai kegaiatn yang berbentuk penghitungan fisik stok barang yang berada di gudang. Aktivitas ini dilaksanakan untuk ketahui dengan cara tepat mengenai kebenaran dan akurasi catatan pembukuan perusahaan.

Kegaiatan ini benar-benar perlu dikerjakan untuk pengaturan stok secara intern. Pada intinya stok opname bukan hanya dipakai untuk hitung stok persedian, tetapi juga bisa dipakai untuk hitung barang atau benda yang terkait dengan aktivitas operasional perusahaan. Stok opname mempunyai masanya. Tiap perusahaan mempunyai waktu penerapan stok opname yang berbeda bergantung peraturan masing-masing perusahaan. Pada umumnya, stok opname biasa dilakuan saat tahun akhir.

Perusahaan dengan jumlah besar mempunyai persedian yang banyak hingga stok opname akan dilaksanakan tidak cuman satu kali dalam satu tahun tetapi 3-4 bulan sekali. Tetapi stok opname akan berlainan dengan perusahaan yang bertaraf kecil. Mereka akan lakukan stok opname pada tahun akhir saja. Tipe usaha akan memengaruhi ketidaksamaan masa stok opname. Stok opname sesungguhnya bukan hanya dilaksanakan pada perusahaan sektor manufacturing saja. Stok opname dapat diaplikasikan pada akun-akun seperti penghitungan kas, piutang, hutang dan rutinitas yang lain. Beberapa arah dilakukan stok opname sebagai ini.

  1. Menahan rugi perusahaan yang dikarenakan oleh kelengahan penghitungan.
  2. Ketahui jumlah stok barang yang tepat.
  3. Mengendalikan perubahan barang yang masuk dan keluar punya perusahaan.
  4. Pengaturan intern
BACA JUGA  Jaga Keselamatan Kerja Pegawai untuk Tingkatkan Keproduktifan dalam Usaha Konstruksi

Stok Opname perlu dilaksanakan oleh perusahaan manufacturing dengan teratur. Ini dikarenakan oleh banyak faedah yang bakal didapat oleh perusahaan itu. Faedah yang dapat didapat salah satunya:

  • Ketahui akurasi penghitungan dengan mencocokan catatan pembukuan dengan stok barang yang berada di gudang penyimpanan.
  • Membantu cari nominal harga dasar pemasaran (HPP) di saat pengerjaan neraca keuangan secara physical dan hitung adakah stok barang yang telah dibeli dan dipunyai tetapi raib atau memang belum terdaftar di pembukuan.
  • Sebagai pembeda dengan data di tahun awalnya atau mungkin dengan data perusahaan semacam.
  • Ketahui kehadiran stok yang sesungguhnya dipunyai oleh perusahaan.
  • Mengenali manipulasi atau kelengahan yang terjadi pada bagian intern perusahaan.
  • Menolong perusahaan dalam soal ambil peraturan.
  • Ketahui jumlah stok barang yang ada hingga perusahaan dapat mempertimbangkan kapan saat yang pas untuk ajukan utang ke bank untuk membuat lancar usaha anda.

Stok opname umumnya dilaksanakan oleh auditor hingga hasil penghitungan bisa tepat ditambah lagi pemakaian tools software manufacturing dari HashMicro. Ini menghindar resiko beda dari stok barang, aktivitas stok opname ini dilaksanakan tiap tahun akhir yang mempunyai tujuan supaya pada tahun yang akan dapat menyuplai keperluan barang seperti data dari penghitungan stok opname yang barusan dilaksanakan.

Check Also

7 Cara Sukses Memenangkan Persaingan dalam Industri Retail

7 Cara Sukses Memenangkan Persaingan dalam Industri Retail

Memenangkan persaingan dalam industri retail tidak gampang. Sejak tahun kemarin, usaha retail memang alami periode …