Membedah Istilah Rumah Minimalis

Dalam industri property, nampaknya istilah rumah minimalis menjadi slogan unggulan beberapa developer dalam jual produk-produknya. Tidak bisa disangkal, ini muncul karena pasar memang memberi respon secara baik. Ternyata, sesudah demikian lama, produk ‘rumah minimalis’ masih mempunyai penggemar yang banyaknya cukup berarti hingga masih jadi kesempatan usaha yang menarik untuk banyak developer. Artikel ini akan meneliti lebih dalam istilah “rumah minimalis” itu. Telah apakah benar pemahaman khalayak berkenaan istilah ini? Atau sesungguhnya istilah ini telah menyelimpang (atau berevolusi) dari pemahaman awalannya?

Pemahaman umum mengenai rumah minimalis

Untuk menyaksikan bagaimana pemahaman (atau yang muncul di pikiran) warga umum di Indonesia, kita bisa dengan gampang menanyakan pada mesin perayap Google. Tuliskan kata ‘rumah minimalis’ dan gambar ini langsung akan ada di monitor handphone kita.

Apa ini yang muncul dalam pemikiran Anda? Jika ya, bermakna Anda tidak sendiri. Mesin perayap Google akan tampilkan beberapa gambar terpopuler yang terkait dengan kata kunci (keyword) yang kita masukan di sana. Maknanya, memang beberapa gambar berikut yang terbanyak dimengerti orang dengan istilah ‘rumah minimalis’.

Apa artinya ‘minimalis’ menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Satu perihal yang memikat, istilah ‘minimalis’ rupanya belum masuk di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Silahkan kita check istilah ini lewat KBBI online yang umum kita pakai untuk memeriksa sebuah kata itu baku atau mungkin tidak. Rupanya, berikut hasilnya saat kita masukan istilah ‘minimalis’

Pemahaman global mengenai ‘minimalist house’

Istilah minimalis berawal dari bahasa Inggris ‘minimalist’. Maka untuk cari tahu bagaimana pemahaman orang asing (dalam masalah ini tujuannya pemakai bahasa inggris sebagai bahasa setiap hari) akan istilah ‘rumah minimalis’

BACA JUGA  6 Tips Membuat Taman Rumah di Lahan Sempit

Ternyata makin banyak kita menyaksikan elemen boks dan kaca. ‘Minimalist house’ biasanya memakai atap datar. Sedikit kita dapatkan wujud atap rumah perisai sama seperti yang kita temui di beberapa gambar ‘rumah minimalis’ awalnya.

Kenapa dapat ada ketidaksamaan ini? Untuk ketahuinya, silahkan kita selidik pengertian ‘minimalist’ di kamus rujukan bahasa Inggris terpenting dalam dunia: Merriam-Webster. Sama dengan KBBI, Merriam-Webster mempunyai versus online yang paling gampang kita akses. Ini hasilnya bila kita masukkan kata ‘minimalist’

Mengulik kata ‘minimalist’

Rupanya, hasil penelusuran pertama memperlihatkan jika ‘minimalist’ ialah sebuah kata benda. Ada 2 makna. Pertama, ‘minimalist’ maknanya orang yang mempunyai penglihatan politik untuk kurangi peranan dan kekuasaan organisasi politik ke tingkat minimal. Pengertian ini dapat kita acuhkan karena konteksnya bukan topik ulasan kita. Kita dapat konsentrasi menyaksikan pada makna yang ke-2 , yakni ‘minimalist’ ialah seorang seniman yang membuat ‘minimal art’ atau penganut sebuah memahami ‘minimalism’. Agar semakin pahaminya, pasti kita mau mencoba saksikan apakah yang dimaksud ‘minimal art’ atau ‘minimalism’. Namun, saat sebelum ke situ, kita perlu scroll down dulu untuk menyaksikan makna lain dari ‘minimalist’.

Rupanya, di sini kamus Merriam-Webster menerangkan jika ‘minimalist’ ialah sebuah kata karakter (adjektif). Nampaknya, kata karakter lebih pas sama yang kita mencari karena kita cari makna kata ‘minimalist’ yang menempel pada kata ‘house’: ‘minimalist house’. Di sini, kata ‘minimalist’ diterangkan sebagai karakter yang terkait dengan style (model) ‘minimalism’. Harus, kita bertemu kembali dengan istilah ‘minimalism’. Karena itu, tidak ada alternatif lain, kita perlu tahu apakah arti istilah ini. Silahkan satu kali lagi kita bertanya kamus Merriam Webster yang sakti ini.

Pertama, ‘minimalism’ diterangkan sebagai sebuah langgam/style (model) atau tehnik (di dunia musik, literatur, dan design) yang diidentikkan dengan kesederhaan dan kesenggangan yang berlebihan. Makna ke-2 , satu kali lagi kita menemui kata ‘minimal art’. Membaca makna kamus kadang membuat orang makin pusing karena sulit memikirkan tujuannya Untunglah di zaman digital ini Google membuat orang dapat dengan gampang cari ‘gambaran’ akan sebuah kalimat yang abstrak dalam pemikirannya. Maka silahkan kita masukan keyword‘minimalism’ ke Google untuk mendapatkan kisah.

BACA JUGA  Salah Tentukan Arsitek Hancurkan Rumah Impian! Ikuti 7 Panduan Ini

Kisah kata ‘minimalism’

Rupanya, berikut kisah ‘minimalism’ yang kita peroleh dari Google. Ini ialah langgam yang bisa ditemui di dunia seni, photografi, design grafis, dan seni visual yang lain. Jika kita scrool ke bawah kembali, kita akan pahami yang diartikan dengan ‘kesederhanaan dan kesenggangan berlebihan’ yakni ruang-ruang kosong yang menyengaja dibuat untuk menghargai keelokan dari 1 atau dua benda simpel yang diperlihatkan. Warna monokrom putih, hitam, dan abu-abu jadi menguasai untuk memperkuat animo pada kemurnian benda yang akan ditonjolkan.

Pengetahuan kita akan seni minimalis ini dapat kita memperdalam jika kita mengeklik penelusuran ‘minimalism in art’ yang diusulkan oleh Google di sudut atas kanan itu. Berikut gambar yang bakal ada.

Rupanya, kita dibawa menyaksikan kreasi seni yang bertopik ‘minimalism’ yang biasanya tampilkan permainan geometri dengan beberapa warna dasar yang seirama. Tetapi, rupanya Google memperlihatkan jika langgam ‘minimalism’ itu juga ada di dunia arsitektur. Ini bawa kita lebih dekat pada arah awalnya kita, yakni cari tahu istilah ‘rumah minimalis’. Silahkan kita click link yang diusulkan Google itu.

Minimalism in architecture

Rupanya, hasilnya hampir serupa dengan hasil penelusuran awalnya dengan kata kunci (keyword) ‘minimalist house’. Tetapi, perbedaannya beberapa gambar ini tampilkan rumah minimalis dalam bentuknya yang lebih ‘murni’, lebih ‘minimal’, beberapa bentuk geometri yang lebih ‘simple’.

Arsitektur minimalis yang diperlihatkan di sini memperlihatkan beberapa bentuk permainan geometri dengan warna monokrom tanpa banyak ornament. Kemungkinan, inlah beberapa bentuk rumah minimalis yang lebih dekat sama pemahaman aslinya.

Ketidaksamaan pemahaman pemula dan arsitek mengenai rumah minimalis

Perjalanan singkat kita mencari istilah rumah minimalis kemungkinan menerangkan kenapa ada disparitas/ketidaksamaan pemahaman di antara warga pemula dengan arsitek berkenaan rumah minimalis. Saat ada seorang minta seorang arsitek untuk mendesainkan sebuah rumah minimalis buatnya, sering ada ketidaksamaan pemahaman. Di pikiran orang itu, rumah minimalis ialah seperti gambar pertama kali yang diperlihatkan Google saat kita cari ‘rumah minimalis’, sedang di pikiran sang arsitek, biasanya ialah beberapa gambar yang diperlihatkan Google saat cari ‘minimalism in architecture’. Ini dikarenakan oleh umumnya arsitek sudah dididik di kursi kuliah berkenaan bermacam langgam/style arsitektur sampai ke riwayat dan asal muasalnya hingga saat dengar kata ‘rumah minimalis’, persepsinya akan mengantarnya ke kisah yang lebih dekat sama pengertian kata ‘minimalism’ itu. Ini sering memunculkan salah paham di antara arsitek dengan client-nya. Karena itu, jika Anda akan minta arsitek Anda membuat ‘rumah minimalis’, yakinkan Anda mempunyai pengetahuan yang serupa mengenai istilah itu.

BACA JUGA  Kreasi Desain Tangga Rumah Minimalis Yang Menawan

Evolusi istilah rumah minimalis

Kita kemungkinan bertanya,”Maka mana pemahaman yang ‘benar’ mengenai rumah minimalis?”. Jawabnya kemungkinan bukan salah atau benar. Bahasa selalu berevolusi mengikut jamannya. Beberapa istilah baru terus ditambah ke kamus bahasa kita. Istilah ‘minimalis’ kemungkinan selekasnya masuk di KBBI dengan pengertian yang kemungkinan lebih dekat ke pengetahuan umum yang kita ulas pada awal artikel ini karena pengetahuan itu yang lebih ‘populer’ ataupun lebih kontekstual untuk warga Indonesia karena keagresifan team pemasaran developer yang gemar pasarkan beberapa produk rumah yang akan naik harga pada hari Senin itu. Banyak arsitek kemungkinan berkeberatan dan menuntut supaya istilah rumah minimalis dibalikkan ke pengetahuan awalannya dan warga pemula perlu ‘dididik’ agar semakin pahami istilah ‘minimalis’ yang benar dan baik.

Artikel ini tidak mempunyai tujuan untuk merangkum mana pengetahuan yang paling betul mengenai ‘rumah minimalis’, tetapi untuk buka pemikiran berkenaan keberagaman pemahaman mengenai ‘rumah minimalis’ yang perlu dimengerti oleh mereka yang ingin membuat sebuah rumah minimalis, baik itu homeowner atau arsitek, hingga tidak ada salah pemahaman dan rumah yang dibuat juga sesuai mimpi penghuninya menjadi home sweet home.

Check Also

Ciri-ciri Design Rumah Compact Yang Nyaman

Ciri-ciri Design Rumah Compact Yang Nyaman

Tempat yang terbatas jadikan sebuah tempat tinggal harus direncanakan sebaik-baiknya untuk memprioritaskan beberapa fungsi yang …