Jaga Keselamatan Kerja Pegawai untuk Tingkatkan Keproduktifan dalam Usaha Konstruksi

Usaha konstruksi jadi satu pekerjaan dengan tingkat kecelakaan kerja yang lumayan tinggi. Pemakaian alat berat, beberapa bahan material yang beresiko untuk kesehatan, pemakaian bahan kimia, dan pengetahuan mengenai operasionalisasi tiap alat kerja menjadi factor yang bisa mempengaruhi keselamatan kerja dan kesehatan pegawai.

Sebagai asset perusahaan yang paling bernilai, jamin keselamatan dan kesehatan kerja pegawai penting untuk jaga roda usaha perusahaan bisa berjalan baik dan produktif.

Anda pasti tidak mau pegawai Anda alami masalah dalam jalankan kerjanya kan? Untuk itu coba turuti beberapa langkah berikut ini:

1. Jamin Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pegawai

Jamin Keselamatan Kerja dan Kesehatan pegawai ialah sebuah kewajiban yang perlu digerakkan oleh perusahaan. Ini sudah jadi satu ulasan penting dalam Pertemuan Umum Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) di Jenewa, dan sudah diputuskan pada 3 Juni 1981, dan ditanggung dalam undang-undang ketenagakerjaan dalam sebuah negara.

Ketentuan ini meliputi masalah sinkronisasi di antara tenaga kerja, alat kerja, lingkungan, langkah dan proses kerjanya. Faksi perusahaan harus memberitahu risiko dan masalah yang ditemui oleh karyawan dalam jalankan pekerjaannya, dan bagaimana pengatasannya.

Kecuali itu perusahaan dituntut untuk memberi agunan kesehatan ke tiap pegawainya. Ini penting untuk mengindari risiko yang perlu dijamin oleh pegawai di satu segi, dan perusahaan disamping yang lain.

2. Mendefenisikan SOP untuk Semua Pekerjaan

Karyawan konstruksi mempunyai risiko tertentu dalam setiap project yang mereka lakukan, hingga mempunyai Standard Operasional Proses (SOP) untuk tiap cara kerja akan menolong pegawai dalam ambil beberapa langkah yang aman, termasuk dalam soal pemakaian perlengkapan untuk mendukung produktifitas pegawai.

BACA JUGA  Pengertian Smart Manufacturing dan Langkah Merealisasikannya

Kecuali itu dengan mempunyai SOP yang benar dan baik, perusahaan memberi agunan pada pegawai agar bisa bekerja dengan nyaman dan aman tanpa kecemasan yang bisa mengusik kerja mereka.

3. Perawatan Perlengkapan Secara Periodik

Lakukan pengujian secara periodik dan kontrol penuh pada perawatan alat atau mesin produksi perlu dilaksanakan oleh management perusahaan.

Menulis tiap dari hasil pengendalian dan pengujian secara periodik ini penting untuk perusahaan untuk memandang produktifitas pemakaian alat tertentu, dan memandang umur produktif sebuah mesin.

Perawatan mesin semacam ini pasti mempunyai hubungannya dengan efektivitas kerja yang bisa dibuat oleh pegawai. Makin bagus mesin bekerja, makin kecil juga risiko kerja yang bakal dirasakan oleh pegawai. Dan makin efisien juga kerja-kerja yang bisa digerakkan.

4. Penyimpanan dan Pengendalian Bahan Material dengan Baik

Pengendalian bahan material dalam usaha konstruksi jadi suatu hal yang perlu dilaksanakan oleh management perusahaan supaya pemakaian dan pendayagunaan bahan bisa diatur secara baik. Pengendalian bahan material ini berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja pegawai.

Beberapa bahan beresiko harus tersimpan secara benar dan aman, atau bila tidak selamanya ada peluang kecelakaan seperti tercemar, kebakaran, terserang curahan, terisap tidak disengaja, atau gabungan dari semuanya pada tempat kerja.

Mekanisme pergudangan yang bagus akan jaga bahan material untuk selalu ada dalam pemantauan yang betul, dan menghidarkan pegawai dari risiko-resiko yang tidak diharapkan.

5. Pemberian Training Untuk Pegawai

Memberikan training untuk pegawai mengenai bagaimana pendayagunaan bahan material dan pemakaian alat atau beberapa mesin yang bekerja akan jaga pegawai bekerja pada keadaan yang aman.

Sekalian tingkatkan kekuatan mereka dalam mendapati jalan keluar dari tiap masalah yang mereka dapatkan di atas lapangan.

BACA JUGA  7 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Musim Liburan

Check Also

7 Cara Sukses Memenangkan Persaingan dalam Industri Retail

7 Cara Sukses Memenangkan Persaingan dalam Industri Retail

Memenangkan persaingan dalam industri retail tidak gampang. Sejak tahun kemarin, usaha retail memang alami periode …