7 Cara Sukses Memenangkan Persaingan dalam Industri Retail

Memenangkan persaingan dalam industri retail tidak gampang. Sejak tahun kemarin, usaha retail memang alami periode yang susah. Ada beberapa retailer, baik yang lama atau yang baru, yang selanjutnya tutup gerai online dan off line mereka. Kecuali karena factor external seperti daya membeli customer yang turun karena ekonomi yang menurun, peristiwa ini muncul karena mereka tidak bisa mengikut pengubahan trend dan mendatangkan suatu hal yang baru untuk customer.

Tidak perduli apa Anda pemain baru atau lama, Anda harus dapat berlomba dengan semua pengubahan yang terjadi bila Anda ingin memenangkan persaingan dalam industri retail. Baca beberapa panduan yang kami kumpulkan di bawah ini.

1. Maksimalkan Personalised Pemasaran

Tahun ini, persaingan dalam industri retail khususnya di antara usaha e-commerce jadi makin ketat, karena penjual sama-sama berusaha untuk merebutkan perhatian customer. Mereka berlomba memenangkan customer dengan tawarkan pengalaman berbelanja omnichannel, pengangkutan pesanan yang bisa lebih cepat, dan harga produk yang bersaing.

Sebagai retailer, pasti Anda pun perlu lakukan hal sama, tapi Anda pun harus ingat jika jalinan Anda dengan konsumen setia perlu dinaikkan. Cara terbaik untuk meningkatkannya dengan dekati mereka secara individual.

Sekarang ini nyaris tidak ada retailer sukses yang tidak memakai personalised pemasaran. Saksikan saja marketplace populer seperti Amazon, Zalora, Alibaba, dan ASOS. Mereka sukses menjaga konsumen setia dan tingkatkan pemasaran berulang-ulang mereka dengan mempersonalisasi taktik pemasaran mereka.

BACA JUGA  5 Cara Mengurangi Pemborosan Pabrik Manufaktur

Berikut ialah beberapa cara yang dapat Anda kerjakan:

Personalisasi e-mail Anda ke konsumen setia

Taruh dan urus data konsumen setia Anda secara baik selekasnya sesudah mereka lakukan pembelian pertama. Anda dapat mengirimi perkataan terima kasih dan memberikan hadiah mereka voucer khusus untuk pembelian yang seterusnya. Anda bisa juga mengenalkan produk yang lain serupa dengan produk yang pernah mereka membeli lewat e-mail.

Segmentasikan subscriber Anda

Pisah subscriber Anda berdasar kisah pembelian, demografi, posisi, halaman yang mereka datangi, dan produk yang mereka favoritkan. Ini akan menolong Anda membuat campaign yang berkaitan yang bakal hasilkan tingkat open dan klik yang semakin tinggi.

Personalisasi program kesetiaan Anda

Pikirkan untuk mempersonalisasi program kesetiaan Anda sama seperti yang dilaksanakan oleh Sephora. Merek kosmetik ini menghadiahkan ke konsumen setia mereka berbentuk voucer atau harga potongan harga di hari ulang tahun mereka dan memberi point yang nanti bisa di-redeem berdasar jumlahnya uang yang dihabiskan oleh konsumen setia.

2. Tambahkan Pengendalian Inventaris

Inventaris adalah sisi terpenting dalam usaha retail. Stock yang tidak yang ideal, bisa menyebabkan penangguhan pemenuhan pesanan konsumen setia, tapi kelebihan stock dapat mengakibatkan permasalahan lain seperti kerusakan barang dan rugi keuangan. Karena itu, sangat penting untuk Anda untuk ketahui tingkat stock Anda tiap hari dan meramalkan inventaris Anda.

Bila Anda belum mempunyai software management inventaris, kemungkinan saat ini ialah saat yang paling tepat. Mencari stock, lakukan inventory count, dan hitung valuasi inventaris dengan manual benar-benar tidak efektif (mengonsumsi beberapa waktu, tenaga, dan ongkos), jadi seharusnya lupakan cara lama Anda dan berpindah ke jalan keluar automatis.

3. Perbarui Content Situs Situs

Yakinkan semua content website Anda selalu up-to-date, karena customer lebih memercayai penjual yang aktif mengupdate info merek dan deskripsi produk mereka. Ini berlaku untuk beberapa produk yang Anda jual, jadi yakinkan Anda selalu meng-update harga produk, potongan harga, dan tersedianya stock barang Anda.

BACA JUGA  5 Tips Efektif untuk Kesuksesan Proyek Konstruksi

Untuk menarik lebih beberapa pengunjung ke website Anda, pikirkan untuk bikin website. Beberapa customer kemungkinan tidak mengetahui jika mereka membutuhkan produk Anda hingga kemudian mereka membaca artikel-artikel Anda. Maka bikinlah content yang berguna dan mendidik untuk customer.

4. Lebih Sales Kanal

Capai semakin banyak prospect dan beri keringanan untuk customer untuk mendapati produk Anda dengan menjualnya di beberapa marketplace.

Tak perlu cemas akan kewalahan mengurus pemasaran Anda, karena sekarang ini telah ada mekanisme management marketplace yang meluluskan Anda untuk mengurus pemasaran di beberapa marketplace pada sebuah waktu lewat mekanisme yang serupa hingga Anda tak perlu masuk di tiap marketplace dengan manual untuk mengurus pesanan konsumen setia.

5. Satukan Online dan Off line

Anda akan susah memenangkan persaingan yang ketat dalam industri retail bila Anda masih pisahkan pengalaman online dan off line. Bila sejauh ini Anda cuman jual produk Anda lewat cara online, karena itu pikir untuk buka toko fisik. Bila buka toko tetap terlampau berat untuk Anda, karena itu pop up store menjadi pilihan yang lebih bagus untuk Anda.

Kebalikannya, bila Anda cuman jual produk Anda di toko fisik dan belum mempunyai toko online, karena itu bikinlah sekarang ini. Pikir untuk meluluskan konsumen setia Anda pesan barang di e-commerce dan ambilnya di toko fisik Anda.

6. Buat In-Store Pengalaman yang Menarik

Sekian tahun lalu, toko off line diprediksikan akan seutuhnya terpindahkan oleh e-commerce. Tetapi pada realitanya, customer tetap senang belanja secara off line. Maka tidak ada argumen untuk Anda tidak untuk sediakan in-store pengalaman yang lebih bagus untuk konsumen setia Anda.

BACA JUGA  7 Cara Meningkatkan Penjualan Saat Musim Liburan

Salah satunya cara yang dapat Anda kerjakan untuk tingkatkan in-store pengalaman dengan percepat proses checkout untuk konsumen setia. Yakinkan Anda memakai mekanisme POS yang bisa memberikan fasilitas keperluan ini.

Baca di sini untuk memperoleh panduan yang dapat menolong Anda membuat pengalaman berbelanja yang luar biasa di toko Anda.

7. Riset Data dengan Lebih Baik

Cara paling akhir yang jangan Anda terlewat ialah menganalisa semua laporan usaha Anda, khususnya data pemasaran, marketing, dan inventaris.

Produk yang mana paling disukai oleh customer? Produk yang mana tidak memberi banyak keuntungan untuk usaha Anda? Seberapa banyak barang yang perlu Anda membeli dari penyuplai? Bagaimana customer bisa ketahui merek Anda? Salah satu cara untuk menjawab semua pertanyaan itu dengan menyaksikan data Anda.

Yakinkan piranti lunak Anda bisa memadukan semua peranan khusus dalam usaha Anda hingga Anda tidak harus memakai program lain cuman untuk membaca tiap laporan yang Anda perlukan.

Check Also

5 Tips Memulai Bisnis Fashion Untuk Pemula

5 Tips Memulai Bisnis Fashion Untuk Pemula

Bisnis fashion adalah bisnis yang bisa menguntungkan besar. Sekarang ini ada banyak bisnis fashion yang …