5 Manfaat Penggunaan Drone untuk Konstruksi

Penggunaan drone untuk konstruksi semakin ramai dipakai. Manfaat drone terang benar-benar menolong dalam soal treking dan peninjauan lapangan dengan hasil lebih baik, cepat, dan tepat.

Tapi, bukan hanya itu. Berikut lima manfaat drone untuk industri konstruksi.

Pemetaan yang tepat

Umumnya proses ambil data, penskalaan dengan manual (survey) dapat memerlukan waktu lama dan memerlukan tenaga manusia. Kebalikannya, drone bisa percepat proses ini sampai 60-70% dengan feature resolusi photo yang tinggi, ambil video, dan sensor LiDar (light detection and ranging).

Dengan sensor LiDar yang tembakkan cahaya laser dan menghitung refleksinya, penskalaan topography yang susah dilewati manusia bisa terselesaikan secara efisien. Penghimpunan data lebih gampang dan ada dalam mode dan riset 3D.

Minim resiko

Drone bisa gantikan peranan manusia pada proses pastikan keamanan lapangan. Ditambah lagi piranti pantauan, manager HSE bisa mengawasi lapangan secara real-time dan mendapati tempat yang memiliki masalah atau dilakukan tindakan dengan bisa lebih cepat.

Dengan begitu, resiko kecelakaan yang mengikutsertakan manusia dan perlengkapan berat saat peninjauan di tempat riskan bahaya bisa didesak. Kurangnya risko bermakna keuangan perusahaan yang semakin aman.

Perubahan project terlihat dengan gampang

Penskalaan dengan kontribusi drone bisa dibikin secara berulang-ulang sebagai bahan penilaian dan pengawasan lapangan untuk manager project. Drone bisa tampilkan tempat konstruksi selengkapnya dan mempermudah manager untuk mendapati tempat yang perubahannya lamban.

Proses pantauan yang cepat bisa kurangi ketertinggalan project yang akan berpengaruh pada kesehatan keuangan project.

Pengawasan keproduktifan dan responsibilitas di atas lapangan

Implementasi drone di industri konstruksi dapat mempermudah manager mengawasi keproduktifan pegawainya. Disamping itu, manager dapat mengawasi apa penggunaan alat berat telah dilaksanakan dengan seharusnya. Dengan begitu, manager bisa menginterogasi permasalahan bila project berjalan lambat.

BACA JUGA  5 Tips Mengelola Alat Berat Konstruksi

Tehnologi drone mengirit waktu manager karena dia tak perlu melingkari lapangan untuk lakukan peninjauan. Cukup saksikan dan perbesar gambar yang dibuat drone di ruangan kerja, dia bisa mengenali permasalahan dengan gampang.

Pemasaran konstruksi yang efisien

Photo dan video ialah pilihan terbaik untuk menunjukkan project. Umumnya, perusahaan pilih ambil photo dan video ini lewat helikopter. Sayang, dengan ongkos yang mahal, ambil photo dan video tidak sesuai dengan kualitas, elastisitas, waktu, dan keamanannya.

Drone bisa menuntaskan masalah itu dengan efisien. Marketing tempat konstruksi menjadi lebih jual karena kualitas gambar dan video yang baik. Pemikiran yang diambil dapat semakin variasi tanpa memerlukan waktu lama. Beberapa stakeholder bisa juga dimanja dengan perubahan project yang dapat mereka saksikan secara visual.

Simpulan

Implementasi drone untuk konstruksi bawa banyak manfaat khususnya dalam sisi keamanan, ongkos, dan waktu. Beberapa data yang diambil dari drone benar-benar mendukung efektifitas project, terutama bila diintegrasikan dengan Mekanisme ERP Konstruksi. Management bisa memperoleh gambar secara cepat dan pengendalian project yang automatis dan real-time.

Manfaat ini hanya permulaan. Bersamaan dengan mengembangnya tehnologi, drone diinginkan bisa menolong perusahaan konstruksi dengan lebih bagus kembali.

Check Also

Perbedaan Konstruksi Gedung, Teknik, dan Industri dan Mengenali Tingkatan Konstruksi

Perbedaan Konstruksi Gedung, Teknik, dan Industri dan Mengenali Tingkatan Konstruksi

Konstruksi sebagai object dari semua bangunan yang terbagi dalam beberapa bagian atau susunan tertentu. Hal …